Kamis, 22 Juli 2010

KBB#18: French Macarons

Tantangan KBB kali ini benar2 menantang.. Selain aku tau membuat macarons itu butuh perjuangan, biasanya aku hanya sebagai penikmat dan pemakan macarons hihihi. Tapi bener aja loh.. Lebih dari 5 kali aku membuat macarons ini, dari yang GATOT alias gagal total.. sampai akhirnya jadi juga macarons ku. Hampir aja pasrah setelah 5x gagal, segala macam resep udah dicoba sampai nonton di you-tube juga loh! hihi.. Akhirnya aku coba dengan resep ini, tetapi nggak pake pewarna pink.. huhhfh benar2 deh perjuangan!






~ French Macarons ~






Pink Macarons Sumber: Cupcakes, Cheesecakes, Cookies. The Australian Women Weekly.

3 putih telur
2 sdM gula caster
pewarna pink
200g icing sugar
120g almond meal
2 sdM icing sugar, ekstra

Siapkan loyang, olesi mentega tipis-tipis; alasi dengan baking paper. Kocok putih telur hingga soft peak, tambahkan gula dan pewarna, terus kocok hingga gula larut. Pindahkan adonan ke dalam mangkuk yang lebih besar. Masukkan icing sugar dan almond meal, dalam dua bagian. Sendokkan adonan ini ke dalam piping bag dengan spuit 1.5cm polos. Semprotkan ke atas loyang 36 x 4cm bulatan, dengan jarak 2cm. Ketuk-ketukkan loyang di atas meja kerja supaya macarons merata. Taburkan dengan icing sugar, biarkan selama 15 menit. Panaskan oven dengan suhu 150C/130C fan-forced. Panggang macarons sekitar 20 menit. Biarkan 5 menit, lalu pindahkan ke rak pendingin.


Rekatkan dua keping macarons dengan ganache. Taburkan sedikit icing sugar, jika dikehendaki.

White Chocolate Ganache
100g white eating chocolate, potong-potong kasar
2 sdM thickened cream/heavy cream (krim kental)
Masukkan dan aduk white chocolate dengan krim kental dalam panci di atas api kecil hingga halus. Pindahkan ke mangkuk yang lebih kecil. Tutup, dinginkan di kulkas hingga adonan dapat dioles.

1 komentar:

Arfi Binsted mengatakan...

coba lagi. semangat yaaa!!